Kamis, 20 Oktober 2022

Apakah Teori Musik Perlu bagi Pemusik?

Teori musik adalah studi tentang musik. Ini adalah bidang besar yang mencakup topik-topik seperti harmoni dan melodi, yang sangat penting bagi musisi. Pertanyaan paling umum yang saya dapatkan dari musisi adalah apakah mereka membutuhkan pengetahuan teori musik sebagai bagian dari pelatihan mereka sebagai musisi. Artikel ini akan membahas mengapa Anda harus mengetahui teori musik dan bagaimana hal itu dapat membantu permainan Anda dalam berbagai cara.

Pentingnya Pengetahuan Teori Musik

Teori musik adalah seperangkat aturan dan pedoman tentang bagaimana musik ditulis, ditampilkan, dan dianalisis. Teori musik memberi Anda pemahaman tentang elemen-elemen yang membentuk lagu-lagu favorit Anda.

Clark Young - unsplash

Teori musik membantu Anda mempelajari hal-hal baru dengan mudah karena teori musik mengajarkan Anda cara memecah komposisi menjadi blok bangunan dasarnya. Ini akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami mengapa hal-hal tertentu terdengar seperti yang mereka lakukan ketika dimainkan oleh musisi dari genre atau negara yang berbeda di seluruh dunia!

Bagian: Seorang musisi harus mengetahui aturan dasar harmoni, akord dan tangga nada karena sejumlah alasan.

Teori musik digunakan untuk membantu musisi memahami musik dan memainkannya dengan lebih baik. Teori musik mengajarkan Anda cara membaca lembaran musik, cara memainkan akord dan tangga nada yang berbeda, cara membaca musik pada staf, dan bahkan cara menyanyikan nada dengan benar. Teori musik juga dapat membantu musisi mempelajari instrumen baru atau mengajari diri mereka sendiri teknik yang lebih maju.

Agar Anda sebagai musisi dapat menciptakan musik orisinil Anda sendiri tanpa mengandalkan karya orang lain (seperti komposer klasik), penting bagi Anda untuk belajar tentang harmoni dan progresi akor serta tangga nada dasar seperti nada penta mayor/minor atau tangga nada minor natural (dan variasi lainnya).

Menafsirkan Karya Musik

Mengetahui aturan harmoni, akor dan tangga nada membantu Anda memahami cara memainkan lagu. Misalnya, jika sebuah lagu memiliki akor A minor sederhana di atas akor G7 (skala 7 dominan), maka mudah untuk mengetahui bahwa Anda perlu menggunakan skala pentatonik A minor.

Mengetahui aturan harmoni, akor dan tangga nada membantu Anda memahami cara memainkan lagu. Misalnya, jika sebuah lagu memiliki akor E mayor tetapi tidak ada perubahan nada dari satu bar ke bar yang lain (yaitu, tidak ada perubahan), maka penyanyi mungkin menginginkan materi tematik yang terkait secara khusus dengan pilihan tanda kunci atau tingkat tangga nada mereka - dan ini hanya dapat dicapai dengan memahami bagaimana konsep-konsep ini bekerja bersama dalam struktur setiap bagian serta bagaimana mereka berhubungan kembali dengan apa yang kita sebut "fungsi akor."


Memahami teori musik juga memungkinkan para pemain yang merupakan musisi terlatih tetapi tidak ingin kemampuan bermain instrumen mereka dibatasi oleh ketidakmampuan membaca notasi musik secara langsung-atau bahkan lebih buruk lagi-meminta orang lain untuk memberi tahu mereka not mana yang berada di mana!

Kontak dengan Musisi Lain

Ini adalah manfaat yang paling jelas dari teori musik, dan salah satu alasan utama mengapa sangat penting bagi musisi untuk mempelajari sedikit sejarah musik juga. Akan lebih mudah untuk mengkomunikasikan ide-ide Anda ketika Anda memahami bagaimana rekan musisi Anda memikirkannya-dan sebaliknya.

Thomas Galler on Unsplash

Anda dapat berbicara tentang teori musik dengan musisi lain (jika Anda mau).

Ini bukan hanya tentang mempelajari lagu-lagu baru; berbicara tentang teori musik juga merupakan cara yang sangat baik bagi musisi untuk meningkatkan keterampilan bermain mereka dan memperluas basis pengetahuan mereka!

Pengetahuan Teori Musik Membantu Pengembangan dan Peningkatan Bahasa Musik Seseorang

Teori musik adalah bahasa yang membantu Anda memahami musik. Ini adalah bagian penting untuk dapat memainkan alat musik Anda atau bernyanyi dengan selaras, tetapi juga digunakan oleh komposer dan musisi lain untuk berkomunikasi satu sama lain tentang karya mereka. Misalnya, jika Anda sedang belajar cara memainkan alat musik (seperti gitar) dan ingin dapat membaca partitur musik sehingga guru Anda dapat menjelaskan nada apa yang sedang dimainkan selama sesi latihan, maka mempelajari beberapa teori musik dasar akan membantu proses ini karena mereka akan dapat menggunakan kata-kata, bukan angka atau huruf, ketika menjelaskan hal-hal seperti nada mana yang harus dimainkan selanjutnya di fretboard atau seberapa cepat mereka harus melangkah saat memainkannya.

Teori musik juga membantu mengembangkan bahasa musik seseorang - cara instrumen yang berbeda terdengar berbeda berdasarkan bahan konstruksinya (kayu vs logam) serta bagaimana mereka dimainkan secara fisik; faktor-faktor ini tidak hanya mempengaruhi kualitas suara tetapi juga warna nada - jadi mengetahui dari mana perbedaan-perbedaan itu berasal sangat penting bagi siapa pun yang tertarik untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang jenis instrumen apa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka mengingat keterbatasan anggaran mereka."

Kemampuan untuk menyusun bagian-bagian harmonis dan melodi

Harmoni dan melodi adalah elemen terpenting dalam musik. Mereka adalah hubungan antara suara, yang membentuk semua nada yang didengar orang ketika mereka mendengarkan musik.

Harmoni mengacu pada bagaimana dua atau lebih suara bergabung bersama sehingga terdengar harmonis dan menyenangkan. Sebaliknya, disonansi mengacu pada saat nada-nada (atau nada-nada) yang berbeda berbenturan bersama dengan cara yang tidak menyenangkan. Contoh umum dari hal ini adalah, ketika seorang penyanyi menyanyikan dua nada sekaligus, atau sebuah alat musik memetik satu nada, sementara alat musik lainnya memainkan nada lain secara bersamaan di dekatnya; suara-suara ini bisa dianggap disonansi, karena tidak ada cukup ruang di antara keduanya, sehingga tidak berbenturan satu sama lain!

Melodi adalah apa yang Anda dengar di awal dan akhir karya musik-sering digambarkan memiliki "hooks", yang berarti bahwa pendengar menginginkannya lagi segera setelah mendengarnya sekali! Melodi juga dapat berfungsi sebagai transisi antar bagian dalam lagu (disebut "chorus"), membangun suasana hati sebelum berpindah ke tempo yang berbeda di kemudian hari dalam tracklisting - dan bahkan menciptakan ketegangan antar bagian sama sekali jika dilakukan dengan benar....

Teori musik memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang instrumen yang Anda mainkan

Teori musik adalah alat yang berguna bagi para musisi. Teori musik memungkinkan Anda untuk memahami instrumen dengan lebih baik dan bermain dalam gaya yang berbeda.

Mempelajari teori musik dapat membantu Anda berimprovisasi, menggubah musik Anda sendiri dan menampilkannya secara langsung.

Pengetahuan tentang teori musik meningkatkan kemampuan Anda untuk membaca not dan tablatur pada partitur.

Membaca musik adalah keterampilan yang membutuhkan waktu untuk dipelajari, dan inilah sebabnya mengapa Anda ingin belajar teori musik. Anda akan dapat membaca lembaran musik yang lebih rumit dengan mudah, yang berarti permainan Anda juga akan meningkat. Dengan mempelajari bagian-bagian dari setiap lagu dan bagaimana mereka bekerja sama, Anda akan dapat memainkannya lebih cepat dari sebelumnya.

Dengan latihan dan kesabaran, siapa pun bisa menjadi musisi yang hebat!

Kesimpulan

Jika Anda seorang musisi, akan sangat membantu untuk mengetahui teori musik agar dapat mempelajari hal-hal baru dengan mudah. Jika Anda seorang musisi, akan sangat membantu jika Anda mengetahui teori musik untuk mempelajari hal-hal baru dengan mudah. Teori musik juga merupakan alat yang dapat meningkatkan keterampilan Anda, terutama dalam hal memahami bagian-bagian musik yang berbeda dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Hal ini akan membantu Anda lebih memahami lagu secara keseluruhan dan bahkan mungkin mempelajari sesuatu yang baru tentang diri Anda sendiri!

Teori musik adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda pelajari jika Anda ingin menjadi musisi profesional. Teori musik akan membantu Anda menjadi lebih baik dalam segala hal, mulai dari membaca notasi pada lembaran musik dan memainkan alat musik, hingga memahami cara kerja harmoni dan menyusun melodi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar